sebelum menentukan harga, peritel harus terlebih dahulu memilih stateg pemasaran yang akan digunakan. Strategi pemasaran yang dapat dipilih antara lain
1. Penetrasi Pasar
Strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah penjualan barang dan jasa yang sudah ada dengan memperbesar upaya penjualan dan periklanan. Misalnya upaya promosi dan iklan yang gencar yang dilakukan oleh produk-produk jamu, perusahaan-perusahaan rokok dan berhasil meningkatkan angka penjualan.
2. Pengembangan Pasar
Mencoba meningkatkan penjualan dengan memperkenalkan produk barang dan jasa yang ada ada pasar baru.
3. Pengembangan produk
Mencoba menignkatkan penjalan dengan memperkenalkan produk dan jasa baru kepada pasar yang sudah ada.
4. Segmentasi Pasar
Merupakan strategi pemasaran yang sangat terkenal bagi usaha yang baru. Pada strategi ini, produk dipasarkan berdasarkan segmennya misalnya segmentasi berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, tingkat pendapatan dan sebagainya.
Sumber : Drs. Suryana, M.Si, KewiraUsahaan, Penerbit Salemba 4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar