Kamis, 22 September 2011

wirausaha di latih

Mahasiswa Dilatih Wirausaha
Written by Fine Resyalia   
Monday, 15 March 2010 14:08
JAKARTA(SI) – Pemerintah mulai menerapkan pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship) kepada mahasiswa. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengatakan, mulai tahun ini, pihaknya menerapkan program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas bagi Mahasiswa.

Menurut dia, mahasiswa merupakan generasi muda yang diharapkan menjadi calon pekerja yang memiliki budaya produktivitas dan inovatif sejak menuntut ilmu di perguruan tinggi. Dengan pelatihan ini, diharapkan mahasiswa semakin terdorong untuk tidak hanya berpikir menjadi pegawai bagi orang lain,tetapi juga sebagai pencipta lapangan pekerjaan.

“Saatnya mahasiswa memberikan gagasan dan sumbangsih sekaligus mempersiapkan diri untuk membuka lapangan kerja baru,”tegas Muhaimin di Jakarta kemarin. Menakertrans mengatakan, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), jelasnya, juga sudah membuka 208 balai latihan kerja (BLK) untuk keperluan ini.

Mantan Wakil Ketua DPR ini menyatakan, pelatihan berbasis penyerapan produktivitas ini bertujuan untuk mengukur tingkat penyerapan banyak tenaga kerja hasil pelatihan oleh lembaga pelatihan kerja yang diselenggarakan pemerintah dan swasta. “Melalui pelatihan ini,para pencari kerja dan peserta pelatihan bisa meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan produktivitas,”paparnya.

Sinergi antara peningkatan kompetensi kerja, produktivitas, dan program kewirausahaan, tandasnya, dibutuhkan tidak hanya untuk mengurangi pengangguran terbuka, tetapi juga kesejahteraan pekerja dengan hubungan bipartit yang harmonis. Menurut Ketua Umum DPP PKB itu, pelatihan ini penting karena angka pengangguran saat ini telah mencapai 10% dari total jumlah penduduk Indonesia.

Lebih lanjut Muhaimin mengatakan, berdasarkan data Kemenakertrans pada 2009, disebutkan bahwa pelatihan produktivitas baru menyentuh 3.032 orang.Adapun pelatihan berbasis kompetensi mencapai 12.216 orang. Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning mengatakan, pihaknya akan segera memanggil Kemenakertrans untuk membahas langkah konkret dalam menyelesaikan kasus ketenagakerjaan.

Dia mengatakan, akan mendorong Ditjen Pembinaan dan Pelatihan Produktivitas (Dirjen Binalattas) Kemenakertrans untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja yang akan ditempatkan di dalam maupun luar negeri agar mampu bersaing di pasar kerja. (neneng zubaidah)


http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1136:mahasiswa-dilatih-wirausaha-&catid=69:berita-terkait&Itemid=196

Tidak ada komentar:

Posting Komentar